Buah Penurun Kolesterol

penurun kolesterol

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh para penderita kolesterol tinggi untuk menurunkan kolesterol. Seperti yang kita tahu bahwa pola makan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Untuk menjaga kesehatan tubuh kita yang diperlukan adalah olahraga dan juga menjaga pola makan sehat. Untuk itu kita harus benar-benar memperhatikan apa yang bisa kita makan dan seberapa kuantitas jumlah makanan sehat kita. Buah adalah jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kita.

Kolesterol yang juga disebut LDL, merupakan musuh utama setiap orang. Tingginya jumlah kolesterol jahat dalam darah selalu menjadi momok yang lumayan menakutkan bagi sesorang. Selain menyebabkan obesitas, kolesterol juga dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

Menurunkan kolesterol tidaklah mudah, apalagi jika tidak diimbangi pola hidup yang sehat. Namun sebagian orang juga masih bingung  bagaimana meurunkan kolesterol dengan cara yang alami tanpa obat-obatan tertentu ataupun operasi. Ada banyak cara  yang bisa ditempuh untuk tujuan menurunkan kolesterol, salah satunya dengan pola makan sehat yaitu mengkonsumsi buah-buahan yang dapat menurunkan kolesterol. Adapun beberapa buah yang dapat dijadikan pilihan untuk makanan penurun kolesterol adalah

  1. Jeruk nipis

Buah satu ini memang tidak tidak terlalu banyak dikonsumsi secara langsung. Jeruk nipis lebih banyak digunakan sebagai teman minum atau dicampur dalam masakan. Jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat menghambat produksi kolesterol LDL, sehingga otomatis akan mengurangi resiko serangan jantung. Selain pada jeruk nipis, flavonoid juga banyak ditemui pada teh, tomat, brokoli, kedelai, delima, serta bawang merah dan Bombay. Untuk menikmati jeruk nipis, cukup dengan mengiris-iris tipis dan masukan ke dalam gelas. Tuang air panas dan tunggu 30 menit, lalu diminum sampai habis. Sebaiknya diminum dua kali sehari, pagi dan malam. Jangan khawatir dengan perut Anda, karena jeruk nipis tidak akan membuat lambung jadi perih.

  1. Pisang

Pisang merupakan sumber yang baik dari serat makanan, yang dapat membantu mengurangi low-density lipoprotein – LDL atau kolesterol “jahat”. Selain itu, kalium dalam pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan pada gilirannya, dapat menurunkan kolesterol jahat dan menyehatkan jantung.

  1. Alpukat

Selama ini ada anggapan bahwa alpukat adalah buah yang mengandung banyak lemak dan tidak baik untuk kesehatan. Alpukat memang mengandung banyak lemak, yaitu sekitar 16 persen. Tetapi lemak pada alpukat adalah lemak yang menyehatkan, karena 63% penyusunnya adalah asam lemak tak jenuh, terutama asam lemak tidak jenuh tunggal. Mengonsumsi alpukat justru akan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang sangat buruk bagi kesehatan. Lemak tak jenuh pada alpukat berfungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat menjaga pebuluh darah kita dari kerusakan arteri akibat penumpukan kolesterol LDL (low density lipoprotein). Selain sebagai buah penurun kolesterol, alpukat juga sangat baik bagi penderita diabetes karena mengandung banyak omega-9 dan serat. Omega-9 dan serat ini berkhasiat menjaga kadar gula darah dalam tubuh kita.

  1. Semangka

Siapa yang tak kenal buah segar yang satu ini, selain dapat menghilangkan dahaga dengan cepat, ternyata semangka juga termasuk dalam daftar buah penurun kolesterol. Hal ini dikteahui karena dalam buah semangka terkandung likopen seperti halnya pada tomat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Banyak kandungan yang terdapat dalam buah-buahan diatas yang sangat berguna untuk para penderita kolesterol. Beberapa diantaranya adalah nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E, asam folid, potasium, serta serat makanan.

Nah, jadi jangan menunggu sampai kita terserang kolesterol tinggi. Sebelum itu terjadi kita harus menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan bugar dengan cara pola hidup sehat dan konsumsi makanan sehat juga. Seperti halnya berolahraga dan mengkosnsumsi buah-buahan yang sehat pula. Mari kita semua wujudkan masyarakat yang sehat.

Semoga artikel ini dapat membantu banyak orang yang mungkin kesulitan ataupun bingun dalam mengahadapi tinggi kolesterol. Sekian dan sampai jumpa.

http://http://https://www.youtube.com/watch?v=03hfslDb6z4