Gejala Darah Tinggi dan Kolesterol, Apa Bedanya?

penurun kolesterol

Seringkali kita mengira bahwa penyakit darah tinggi dan kolesterol adalah sama. Namun ternyata, kedua penyakit tersebut sangatlah berbeda. Memang ada kemungkinan pada suatu kasus penyakit darah tinggi dan kolesterol saling berhubungan akan tetapi masing-masing penyakit tersebut tetaplah berbeda.

Apa Perbedaan Darah Tinggi dan Kolesterol?

Secara definisi, darah tinggi dan kolesterol memiliki pengertian yang berbeda. Darah tinggi atau hipertensi berhubungan dengan tekanan darah sedangkan kolesterol berkaitan dengan kandungan atau kadar lemak jahat (LDL) dalam tubuh.

Darah Tinggi

darah tinggiPenyakit darah tinggi atau dalam dunia medis sering disebut hipertensi, adalah kondisi dimana manusia memiliki tekanan darah yang tinggi atau berada diatas normal. Umumnya, seseorang diketahui menderita hipertensi ketika dilakukan 2 (dua) kali pengecekan dan kondisi tekanan darah tetap di atas normal.

Tekanan darah yang meningkat akan menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Normalnya, angka tekanan darah pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg.  Hipertensi akan terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Kolesterol

kolesterolKolesterol adalah lemak yang terdapat di aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya diperlukan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun yang akan menjadi masalah adalah ketika kadar kolesterol dalam tubuh melebihi batas normal atau rata-rata.

Kolesterol yang cukup tinggi di dalam tubuh dapat memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Kadar kolesterol yang normal dalam tubuh adalah 200 mg/dl. Jika kolesterol Anda mencapai atau diatas 240 mg/dl maka Anda perlu lebih waspada.

Apa saja Gejalanya?

gejala darah tinggi

Pada beberapa kasus, gejala darah tinggi dan kolesterol cenderung serupa. Karena, kedua jenis penyakit ini termasuk sebagai penyakit kardiovaskular atau penyakit yang berhubungan dengan saluran peredaran darah. Disini kami mencoba mengklasifikasikan setiap gejala menjadi lebih detail.

Gejala Darah Tinggi

Hipertensi cenderung jarang menunjukkan gejala, dan pengenalannya biasanya melalui skrinning,atau saat mencari penanganan medis untuk masalah kesehatan yang tidak berkaitan. Beberapa orang dengan hipertensi memiliki keluhan seperti sakit kepala (terutama di bagian belakang kepala dan pada pagi hari), serta vertigo, tinitus (dengung atau desis di dalam telinga), bahkan pingsan. Jika Anda sering merasa pusing yang tak tertahankan, pengelihatan kabur, detak jantung tak beraturan, sulit bernapas, emosi yang tak stabil maka bisa jadi Anda mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun untuk mengetahuinya lebih pasti maka sebaiknya Anda segera melakukan tensi.

Gejala Kolesterol Tinggi

gejala kolesterolBeberapa gejala yang muncul pada penderita kolesterol tinggi antara lain kesemutan di kaki dan tangan, sering merasa mual dan muntah, nyeri pada bagian leher dan punggung, mudah lelah, wajah merah, emosi yang naik turun atau tidak stabil, sampai sering kehilangan keseimbangan. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil yang pasti Anda tetap perlu melakukan cek laboratorium.

Bagaimana Cara Mengatasi Gejala Darah Tinggi dan Kolesterol?

Ketika Anda telah merasakan gejala-gejala darah tinggi dan kolesterol, maka Anda wajib mengatur pola makan dan membiasakan pola hidup sehat. Olahraga teratur, cukup istirahat, dan mengkonsumsi makanan yang tepat adalah upaya yang bisa Anda lakukan.

gejala darah tinggi dan kolesterol

Namun, Anda tidak perlu khawatir dalam mengkonsumsi dan memilah makanan. Cukup seimbangkan makanan dan minuman yang Anda konsumsi dengan Ofir. Ofir hadir sebagai terobosan baru dalam memerangi lemak dan gula penyebab kolesterol jahat yang adapat dijadikan sebagai penurun kolesterol yang tanpa mengurangi nikmatnya makan makanan yang berlemak dan mengandung gula.