Hidup Sehat dengan Makanan Tanpa Kolesterol

penurun kolesterol

makanan yang tidak mengandung kolesterolAkhir-akhir ini, dunia kuliner semakin banyak digemari oleh masyarakat umum. Dengan adanya teknologi yang semakin maju, dari chef profesional sampai ibu rumah tangga biasa pun dapat saling bertukar informasi seputar menu, resep, dan keindahan serta kelezatan makanan yang terhidang. Hal ini menyebabkan tingkat konsumsi makanan mengingkat, dan pola makan menjadi tidak sehat.

Makanan Enak vs Kolesterol

Siapa sih yang tidak tergiur dengan aneka makanan yang lezat? Semua orang tentu menginginkan pengalaman yang indah dalam setiap menu yang terhidang. Namun, apakah semua makanan tersebut sehat? Bagaimana dengan berbagai penyakit yang membayanginya, seperti misalnya kolesterol tinggi.makanan yang tidak mengandung kolesterol

Kolesterol tinggi bukan lagi hanya menjadi masalah bagi orang tua, bahkan pada usia yang relatif muda pun seseorang dapat menderita kolesterol. Selain olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat  dapat membantu mengurangi tingkat kolesterol dalam darah.

Pola makan yang sehat ialah makanan yang mengandung semua unsur gizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh, baik protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air. Dimana sumber nutrisinya pun harus dipilih yang sealami mungkin. Lalu, apa saja makanan yang tidak mengandung kolesterol?

Makanan yang Tidak Mengandung Kolesterol

Dalam rangka menurunkan kadar kolesterol dalam darah, Anda perlu mengonsumsi makanan sehat yang tidak mengandung kolesterol. Apa saja pilihan makanan bagi penderita kolesterol tinggi? Berikut coba kami rangkum beberapa makanan yang tidak mengandung kolesterol.

  1. Kacang-Kacangan dan Kedelai
    Manfaat kacang bisa mengurangi kolesterol dalam darah karena mengandung protein, vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium, serat, dan kalium. Anda bisa menurunkan kolesterol Anda sebanyak 5 % jika mengonsumsi sekitar 1-2 ons kacang-kacangan dalam sehari.makanan yang tidak mengandung kolesterolMakanan seperti puding kedelai tanpa gula, susu kedelai, kacang edamame dan tahu mengandung protein yang dapat mengurangi kolesterol dalam darah. Mengonsumsinya sebanyak 0,5 ons dalam sehari bisa mengurangi kolesterol Anda setidaknya 6%.
  2. Beras Cokelat dan Gandum
    Dibandingkan dengan beras putih, beras coklat memiliki lebih banyak nutrisi dan kaya akan serat. Kandungan serat pada beras coklat inilah yang dapat membantu menurunkan kolesterol.
    Gandum dan oat memiliki kandungan serat yang tinggi jika dikonsumsi oleh tubuh, juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh apabila dikonsumsi setiap hari. Sarapan sehat misalnya dengan menyantap roti gandum setiap pagi dapat membantu Anda mengontrol kadar kolesterol.
  3. Minyak Zaitun
    makanan yang tidak mengandung kolesterolMinyak zaitun adalah minyak dengan kandungan lemak tak jenuh yang berfungsi menurunkan kadar “lippoprotein” kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL (High-Density Lippoprotein), biasa digunakan pada salad atau memasak makanan, dan baik digunakan setiap hari. Pilihan lain tidak hanya pada minyak zaitun saja, mengganti mentega Anda dengan mentega yang memiliki kandungan minyak zaitun juga akan membantu mengungari risiko kolesterol tinggi.

Tiga jenis makanan tersebut adalah beberapa dari sekian banyak makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Anda bisa mencoba untuk rutin mengkonsumsinya.

Masih Tergiur Makanan Enak?

makanan yang tidak mengandung kolesterolSeafood, makanan cepat saji, daging, gorengan, kue mungkin telah menjadi makanan favorit Anda dan keluarga. Dalam menerapkan pola makan sehat, Anda tidak perlu menyetop konsumsinya secara total. Anda hanya perlu mengaturnya agar minyak dalam tubuh tetap terjaga dalam keadaan normal.

makanan yang tidak mengandung kolesterolSelain itu, setiap Anda ingin sesuatu yang lebih berlemak pastikan Anda memaksimalkan usaha lainnya yang dapat menurunkan kolesterol seperti mempersering olahraga. Juga, cukupkan konsumsi air minum dengan Ofir (minuman penurun kolesterol dan sedikit gula).