Hubungan serta Gejala Darah Tinggi dan Kolesterol

penurun kolesterol

Gejala Darah Tinggi dan Kolesterol

Banyak orang mengira bahwa penyakit darah tinggi (hipertensi) sama dengan kolesterol. Padahal, darah tinggi dan kolesterol merupakan hal yang berbeda. Darah tinggi berhubungan dengan kodisi tekanan darah seseorang pada waktu tertentu sedangkan kolesterol adalah kandungan lemak yang terdapat dalam darah.

Penyakit darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang memiliki julukan silent killer (pembunuh diam-diam), karena penyakit ini bisa menyerang seseorang secara mendadak tanpa ada gejala-gejala yang dirasakan sebelumnya. Untuk itu, diperlukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui keadaan tekanan darah masing-masing orang sebagai langkah antisipasi dari bahaya yang mungkin terjadi.gejala darah tinggi dan kolesterol

Kolesterol atau kadar lemak dalam darah umumnya berasal dari menu makanan yang dikonsumsi. Semakin banyak konsumsi makanan berlemak, maka akan semakin besar peluangnya untuk menaikkan kadar kolesterol. Gejala yang biasa dirasakan pada penderita kolesterol tinggi antara lain kesemutan di kaki dan tangan, sering merasa mual dan muntah, nyeri pada bagian leher dan punggung, mudah lelah, wajah merah, emosi yang naik turun atau tidak stabil, sampai sering kehilangan keseimbangan.

Hubungan Darah Tinggi dan Kolesterol

Meskipun darah tinggi dan kolesterol merupakan penyakit yang berbeda, namun di beberapa kasus keduanya bisa saling berhubungan. Kolesterol tinggi dalam darah bisa berhubungan dengan tekanan darah tinggi (hipertensi), yaitu ketika terjadi penyempitan serta kakunya dinding pembuluh darah. Hal ini akibat dari penumpukan kolesterol pada pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Walaupun gejala darah tinggi dan kolesterol memang cenderung sulit untuk dideteksi, namun harus tetap diwaspadai. Karena, bila tidak mendapatkan penanganan yang tepat maka hipertensi dan peningkatan kolesterol yang tidak terkontrol dapat menyebabkan dampak yang membahayakan bagi tubuh seiring dengan berjalannya waktu.

Dampak Darah Tinggi dan Kolesterol

Tekanan darah tinggi dapat dipengaruhi beberapa faktor alami seperti usia, riwayat keluarga, jenis kelamin (pria cenderung memiliki tekanan darah tinggi), merokok, obesitas, dan kurangnya aktivitas fisik. Konsekuensi yang timbul bila tekanan darah tinggi tidak terkontrol adalah timbulnya penyakit kronis. Penyakit tersebut antara lain serangan jantung, stroke, kerusakan ginjal, penurunan daya lihat, disfungsi ereksi, penurunan kemampuan kognitif, serta penyakit arteri perifer.

gejala darah tinggi dan kolesterolKolesterol tinggi dipicu dengan konsumsi makanan berlemak yang tidak terkontrol sehingga terjadi peningkatan lemak jahat (LDL) dalam tubuh. Peningkatan LDL dan penurunan kolesterol baik (HDL) yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan beberapa dampak buruk bagi tubuh, seperti serangan jantung, stroke, batu empedu, dan sebagainya.

Mencegah Darah Tinggi dan Kolesterol

gejala darah tinggi dan kolesterolMengetahui bahwa penyakit yang ditimbulkan dari darah tinggi dan kolesterol cukup kronis dan membahayakan, maka sebaiknya kita dapat mengatur pola hidup sehat agar terhindar dari hal tersebut. Pola hidup sehat antara lain dapat dilakukan dengan memperbanyak aktivitas seperti olahraga dan berkebun. Selain itu, makanan yang dikonsumsi haruslah memenuhi gizi seimbang, kaya nutrisi, dan rendah lemak. Istirahat cukup dan mengelola stress pun akan mempengaruhi kesehatan kita menjadi lebih baik dan bugar.

Takut Kolesterol? Ofir-in Aja…

Salah satu rekomendasi yang bisa Anda dapatkan sebagai penurun kolesterol adalah dengan mengkonsumsi Ofir. Jenis suplemen yang dibuat dari bahan alami ini akan membantu Anda dalam meredakan permasalahan kolesterol yang sangat tinggi.

gejala darah tinggi dan kolesterolProduk penurun kolesterol ini juga dibuat dari bahan herbal, sehingga Andapun tidak perlu meragukan kualitas dari bahan tersebut yang sering kali diklaim memiliki bahan kimia di dalamnya. Untuk itu, bagi Anda yang saat ini mengalami permasalahan kolesterol, akan lebih baik jika kini Anda mulai mengkonsumsi Ofir.