Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol

penurun kolesterol

Kolesterol Tinggi dan Penyakit Kronis

Kata kolesterol kini telah menjadi momok bagi masyarakat luas. Karena, beberapa penyakit kronis seperti jantung koroner dan stroke bermula dari kolesterol tinggi. Padahal menurut data Kementerian Kesehatan RI, 45% kematian terjadi karena penyakit jantung dan 51% kematian karena penyakit stroke. Kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler, terutama penyakit jantung koroner dan stroke diperkirakan akan terus meningkat mencapai 23,3 juta kematian pada tahun 2030.

Makanan Penderita Kolesterol

Kolesterol tinggi memang menjadi salah satu faktor penyebab munculnya penyakit kronis. Namun demikian, tubuh kita pun tetap memerlukan kolesterol untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Untuk itu, perlu diatur pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang tepat untuk penderita kolesterol agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap aman.

CERDIK untuk Kesehatan Kita

Dalam rangka menjaga kesehatan tubuh dan mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular, Kementerian Kesehatan RI telah memperkenalkan program CERDIK. Apa itu cerdik?

  1. Cek kesehatan secara berkala
  2. Enyahkan asap rokok
  3. Rajin aktivitas fisik
  4. Diet sehat dengan kalori seimbang
  5. Istirahat yang cukup
  6. Kelola stress

Salah satu poin dalam CERDIK adalah ‘Diet Sehat dengan Kalori Seimbang’ yang merupakan kunci dalam mempertahankan kadar koleterol agar tetap dalam batas yang normal.

Makanan Penderita Kolesterol

Dalam penerapan ‘Diet Sehat dengan Kalori Seimbang’ tersebut, tentunya penderita kolesterol harus lebih teliti dalam memilih makanan. Berikut kami sajikan informasi makanan yang dianjurkan bagi penderita kolesterol.

  1. Beras Merah
    Makanan Penderita KolesterolBeras merah mengandung Vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien. Beras merah dapat dipakai untuk menurunkan kadar lemak darah sehingga baik untuk makanan penderita kolesterol. Kandungan serat tinggi dalam beras merah juga akan membantu menurunkan gula darah.
  2. Buncis
    Buncis diperkaya dengan serat pangan yang mempunyai kemampuan dalam hal mengurangi kolesterol serta menghambat kenaikan gula darah secara cepat. Buncis juga termasuk sayuran yang rendah lemak, serta merupakan sumber karbohidrat yang diperlukan oleh penderita diabetes atau resistensi insulin.
  3. Tomat
    Tomat adalah sumber likopen yang akan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Tomat bisa dimakan segar, dibuat juice, atau dimakan dalam bentuk sup. Tomat juga makanan untuk penderita maag kronis yang sangat membantu.
  4. Teh
    Makanan Penderita KolesterolAnda bisa memilih teh hijau atau teh hitam. Dari kedua jenis ini, teh hijau mengandung antioksidan yang lebih tinggi karena tidak melalui banyak proses seperti jenis teh lainnya. Lagipula, daun teh hijau tidak difermentasi terlebih dahulu. Teh baik dikonsumsi sebagai pendamping makanan penderita kolesterol.
  5. Ofir
    Beberapa bahan yang terkandung dalam Ofir diantaranya adalah madu (mel depuratum powder) yang akan berperan dalam meningkatkan kinerja sistem metabolisme dalam tubuh dan juga sebagai pelengkap atas sumber nutrisi. Ofir juga mengandung cuka apel (malus domestica) yang sangat ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh serta mendetoksifikasi semua racun yang ada di dalamnya.

Takut Kolesterol? Ofir-in Aja..

Salah satu rekomendasi yang bisa Anda dapatkan sebagai penurun kolesterol adalah dengan mengkonsumsi Ofir. Jenis suplemen yang dibuat dari bahan alami ini akan membantu Anda dalam meredakan permasalahan kolesterol yang sangat tinggi dan sangat dianjurkan sebagai minuman pendamping makanan penderita kolesterol.

Makanan Penderita KolesterolTidak hanya itu saja, dengan Ofir, Andapun akan bebas mengkonsumsi makanan berlemak seperti halnya gule, soto, rawon dan berbagai jenis makanan yang bersantan kental. Untuk itu, selalu sediakan penurun kadar kolesterol Ofir sebagai teman makan Anda di manapun Anda menyantap makanan kesukaan Anda.

 

Apa sih manfaat Ofir?

  • Mencegah kolesterol dan diabetes
  • Mengurangi lemak jahat dalam tubuh
  • Menurunkan kadar gula dalam darah
  • Membuang racun dalam tubuh
  • Sumber vitamin C

Makanan Penderita KolesterolJadi, masih takut makan enak karena kolesterol? Ofir-in aja…