Makanan yang Dilarang Penderita Kolesterol

penurun kolesterol

Ada beberapa jenis makanan yang dilarang dan sebaiknya dihindari bagi anda yang menderita kolesterol. Mengubah kebiasaan makan juga terkadang membingungkan, karena anda terus khawatir apakah makanan yang baru saja dimakan, tanpa disadari mengandung kolesterol tinggi.

Beberapa makanan yang dilarang untuk anda yang menderita kolesterol tinggi biasanya karena mengandung tingkat lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi. Kuncinya adalah cermat dalam memilih bahan makanan dan cara memasaknya, serta cerdas dalam membaca label makanan.

Pantangan Makanan Penderita Kolesterol

Bila sudah menyangkut pola makan untuk penurun kolesterol, ternyata elemen yang paling penting dan paling berbahaya adalah lemak. Lemak jenuh dan lemak trans meningkatkan kolesterol LDL yang bisa mengakibatkan penumpukan plak di nadi, serta meningkatkan resiko penyakit jantung. Karena itu, para penderita kolesterol harus menghindari atau membatasi makanan ini :

  1. Telur
    Hal pertama yang harus anda ketahui adalah pentingnya keseimbangan dan pengaturan makanan tinggi kolesterol. Telur adalah pilihan yang baik dan dipandang cukup sehat untuk dimakan saat sarapan – asalkan dibatasi jumlahnya.makanan penderita kolesterol
    Anda bisa menjadikan telur sebagai bagian diet jantung sehat, asalkan anda tidak menumpuk kolesterol dari sumber lain seperti daging atau produk susu. Jadi bila anda sarapan dengan telur, sebaiknya tidak makan siang dengan cheeseburger yang mengandung daging dan keju.
  2. Gorengan

    Kita bisa melihat banyak sekali penjual gorengan di pinggir jalan. Tapi bila anda menderita kolesterol, anda dilarang mencicipi makanan berminyak ini.
    makanan penderita kolesterolMakanan yang digoreng dengan banyak minyak kandungan airnya sebagian besar sudah hilang dan digantikan dengan serapan minyak. Hal ini membuat gorengan memiliki kalori tinggi, juga mengubah minyak menjadi lemak trans, ancaman terbesar bagi penderita kolesterol.
    Bila anda tidak tahan membayangkan tidak akan pernah bisa lagi makan gorengan, anda bisa menggoreng makanan dengan sedikit minyak zaitun atau minyak bunga matahari.
    Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ menemukan bahwa di Spanyol – negara yang banyak menggunakan minyak zaitun dan minyak bunga matahari untuk menggoreng – memakan gorengan tidak meningkatkan resiko penyakit jantung seperti yang dialami negara yang menggunakan lemak jenuh dan mentega untuk menggoreng.

  3. Daging

    Makanan hewani besar kemungkinannya mengandung kolesterol tinggi. Daging dengan lemak yang jelas terlihat adalah pilihan yang harus dihindari bila anda menderita kolesterol.
    Cobalah untuk mengurangi asupan daging dalam pola makan anda. Bila anda masih ingin makan daging, pastikan sisihkan lemaknya, atau tukar dengan kalkun atau ayam tanpa kulit.

  4. Susu Tinggi Lemak

    Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka bisa mendapatkan banyak lemak jenuh dari produk olahan susu seperti es krim tinggi lemak, keju, dan susu tinggi lemak. Lebih baik pilih produk olahan yang bebas lemak atau rendah lemak yang tidak beresiko meningkatkan kolesterol.

  5. Hati dan Jeroan

    Sebagai makanan yang tinggi kadar zat besi, hati sapi sebenernya sehat untuk beberapa orang. Tapi sebenarnya hati sapi dapat menambah tinggi kadar kolesterol tinggi. Karena, organ ini adalah sumber kolesterol dimana zat berminyak dibuat dan disimpan.makanan penderita kolesterol
    Sumber kolesterol hewani paling tinggi bisa ditemukan pada hati dan jeroan lain. Anda yang menderita kolesterol dilarang untuk mengkonsumsi makanan jenis ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.