MENGATASI BAYI PILEK

vitamin anak

Sistem imun atau daya tahan tubuh yang belum sempurna, membuat sang bayi mudah di serang beragam penyakit, salah satunya pilek terdapat 200 jenis virus yang dapat membuat bayi pilek. Bagaimana cara menangani hal tersebut secara tepat?

keluarnya ingus atau cairan jernih dari hidung pada bayi dapat disebut pilek dan dapat berubah menjadi kekuningan atau kehijauan setelah satu minggu. Kemudian Diikuti batuk atau sedikit demam. Pada dasarnya bayi masih masu makan atau bermain dengan normal.

 

CARA YANG DILAKUKAN KETIKA DIRUMAH

Keluarnya ingus saat pilek, bisa menjadi cara mengeluarkan kuman dalam tubuh. Tetapi ketika ingus yang keluar dari hidung berlebihan dapat mengganggu pernapasan sang bayi.

Terdapat beberapa cara untuk meringankan gejala pilek pada bayi yang bisa dilakukan di rumah :

  • Tempatkan bayi di ruangan tanpa AC supaya mengurangi adanya penyumbatan hidung. Apabila bayi lebih nyaman di ruangan AC, sebaiknya gunakan mesin pelembab udara atau manfaatkan uap panas untuk menyeimbangkan udara. Anda dapat menambahkan minyak esensial seperti mentol.
  • Apabila pilek sudah sangat mengganggu, buatlah encer lendir tersebut dengan air garam yang diteteskan ke ujung lubang hidung bayi. Kemudian sedot hidung bayi dengan penyedot khusus untuk membersihkan hidung bayi.
  • Tepuk secara perlahan punggung bayi untuk membantu melancarkan pernapasan bayi yang terganggu ketika tersumbat. Buat bayi baring dengan posisi tengkurap pada lutut atau biarkan bayi duduk di pangkuan dengan condong ke arah depan.
  • Bersihkan cairan hidung atau lendir yang menjadi keras pada hidung bayi. Dapat dengan memberi kapas yang dibasahi dengan air hangat.
  • Apabila bayi sudah berusia di atas 6 bulan , Anda dapat memberikan teh hangat. Hal ini guna untuk meredakan hidung tersumbat.

JANGAN ASAL MEMBERI OBAT

Selama pilek tidak menganggu pola makan dan aktivitas sang bayi, tidak memerlukan tindakan khusus atau obat pilek untuk bayi. Hindari penggunaan obat-obatan yang bebas dijual kepada anak di bawah usia 6 tahun, karena dapat memungkinkan terjadinya efek samping yang dapat membahayakan sang bayi. Sebaiknya ketika ingin mendapatkan obat-obatan selalu melalui pengawasan dokter.

Apabila bayi demam, maka segeralah mengkonsultasikannya ke dokter utnuk mendapatkan penanganan lebih lanjut untuk diberikan obat-obatan. Jangan pernah memberikan bayi aspirin, karena berisikomemberikan efek samping yang berbahaya bagi bayi.

KONDISI YANG HARUS DIWASPADAI

Walaupun pilek merupakan hal umum yang sering dialami, terdapat beberapa kondisi yang membuat para orang tua harus tetap selalu waspada dan segera berkonsultasi dengan dokter, antara lain:

  • Demam berlangsung selama lebih dari dua hari.
  • Pilek yang disertai batuk dan demam lebih dari 39 derajat celsius pada anak di bawah usia 3 bulan, atau demam mencapai lebih dari 40 derajat celsius pada anak di atas3 bulan.
  • Batuk semakin parah atau diiringi napas yang cepat, terdengan bunyi mengi saat bayi bernapas.
  • pilek tidak membaik setelah 7-10 hari.
  • Mata berair atau muncul kotoran mata.
  • Perubahan signifikan pada pola makan atau tidur, sering mengantuk atau rewel.
  • Bayi menangis saat menyusu sambil menggosok atau menarik telinga, dan menangis ketika diletakkan di tempat tidur.

Bayi dengan daya tahan tubuh atau sistem imun yang belum begitu sempurna, berisiko terserang berbagai penyakit. Kalau begitu, pilek pada bayi yang disertai dengan gejala yag berat haruslah di waspadai. Segera konsultasikan dengan dokter apabila pilek tak kunjung sembuh dan semakin parah agar dapat mendapatkan penanganan yang sesuai dan aman bagi bayi.