Menurunkan Kolesterol dengan Sayuran Sehat

penurun kolesterol

Sudah menjadi pengetahuan yang umum bagi penderita kolesterol untuk lebih mengatur pola makannya. Makanan dengan kadar lemak yang tinggi harus diganti dengan bahan makanan yang lebih bersahabat dengan para penderita kolesterol tinggi. Salah satu solusinya, perbanyak konsumsi sayuran untuk penurun kolesterol.

HDL dan LDL

sayuran untuk mnurunkan kolesterolKolesterol berbahan dasar minyak, sedangkan darah berbahan dasar air. Oleh sebab itu, kolesterol dan darah tidak dapat bercampur secara langsung dan diperlukan perantara yaitu lipoprotein. Dengan adanya lipoprotein, maka kolesterol dapat dialirkan ke seluruh tubuh. Kolesterol sendiri terbagi menjadi HDL (High Density Lipoprotein) dan LDL (Low Density Lipoprotein). HDL merupakan kolesterol baik yang dapat mencegah pengendapan kolesterol jahat, sedangkan LDL adalah kolesterol jahat yang dapat meningkatkan resiko beragam penyakit kronis lainnya.

LDL tinggi yang tidak diimbangi dengan tingginya HDL akan berdampak buruk pada pembuluh darah. Pasalnya lemak jahat ini melalui proses yang panjang bisa mengendap pada lapisan dalam pembuluh darah, membuat aliran darah menjadi terhambat karena diameter yang menyempit (aterosklerosis). Lama-kelamaan aliran darah bisa terhenti sama sekali.

Proses inilah yang menimbulkan berbagai penyakit serius seperti stroke dan jantung koroner, ketika pembuluh darah pada otak dan jantung mengalami penyempitan akibat kolesterol jahat.

Cara Menurunkan Kolesterol

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, perlu dilakukan upaya-upaya yang kontinyu dan teratur. Pola hidup harus sehat harus diterapkan secara maksimal seperti rutin berolahraga, istirahat yang cukup, kurangi merokok, hindari makanan tertentu dan perbanyak konsumsi serat, serta mengkonsumsi multivitamin.

Sayuran untuk Menurunkan Kolesterol

Ya, sayuran merupakan bahan makanan yang paling aman untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol. Sayuran pada umumnya mengandung serat yang tinggi dan dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh. Sayuran berdaun hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Makanan sumber fitokemikal ini juga dapat membantu tubuh menangkal kerusakan akibat radikal bebas, menunda penuaan, dan menjaga pembuluh darah tetap lentur serta sehat. Lalu, apa sajakah sayuran untuk menurunkan kolesterol?

  1. Bayam
    Bayam kaya kandungan lutein, pigmen kuning yang terdapat dalam kuning telur dan sayuran berdaun hijau lainnya. Lutein sendiri memiliki reputasi emas di bidang kesehatan karena dapat mencegah degenerasi makula yang memicu kebutaan. Dan kini para ahli menyarankan konsumsi makanan sumber lutein setiap hari untuk mencegah serangan jantung. Lutein dapat membantu dinding pembuluh darah menyingkirkan kolesterol yang memicu penyumbatan.
  2. Okra
    Pernah mendengar sayur yang bernama okra? Ini merupakan salah satu sayur yang memiliki kandungan serat sangat tinggi dengan mineral dan vitamin penting di dalamnya. Bahkan antioksidan di dalamnya pun juga termasuk berkadar tinggi sehingga sering dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah serta risiko kanker.

    sayuran untuk menurunkan kolesterol
    Okra

    Okra dikenal sebagai sejenis tanaman kapas dan durian di mana tak hanya bermanfaat bagi penderita diabetes atau kanker dan merupakan jenis sayur yang bisa Anda konsumsi demi menurunkan kadar kolesterol tinggi.

  3. Terung
    sayuran untuk menurunkan kolesterolSayuran yang masih satu keluarga dengan leunca dan kentang ini sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Jenis sayur ini bisa Anda tanam sendiri juga di rumah agar tak perlu bingung mendapatkannya.
    Kandungan kalori di dalam sayur ini termasuk rendah tapi tinggi akan serat yang larut di dalam tubuh.
  4. Seledri
    Banyak orang tak begitu suka dengan seledri, namun jenis sayur ini justru sangat berguna bagi kesehatan. Menjadi salah satu obat hipertensi alami, Anda tak hanya dapat menormalkan kadar tekanan darah tapi juga menormalkan kembali kadar kolesterol.

Lengkapi dengan Multivitamin

Selain sayuran untuk mengurangi kolesterol, ada baiknya Anda juga mengkonsumsi multivitamin yang dianjurkan dokter. Selain itu, lengkapi dengan minuman kesehatan yang dapat membantu menurunkan kolesterol seperti Ofir.

sayuran untuk menurunkan kolesterolOfir hadir sebagai terobosan baru dalam memerangi lemak dan gula penyebab kolesterol jahat tanpa mengurangi nikmatnya makan makanan yang berlemak dan mengandung gula. Tidak hanya itu saja, dengan Ofir, Andapun akan bebas mengkonsumsi makanan berlemak seperti halnya gule, soto, rawon dan berbagai jenis makanan yang bersantan kental. Untuk itu, selalu sediakan penurun kadar kolesterol Ofir sebagai teman makan Anda di manapun Anda menyantap makanan kesukaan Anda.