Penderita Kolesterol, Jangan Takut Makan Enak

penurun kolesterol

Penderita kolesterol sering kebingungan karena menu makan mereka terbatas. Sebenarnya, apa saja sih makanan bagi penderita kolesterol?

makanan penderita kolesterol

Makanan lezat hampir identik dengan makanan yang berlemak dan mengandung minyak. Padahal, kandungan minyak jenuh pada makanan dapat menyebabkan tingginya kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah. Tinginya kadar kolesterol yang melebihi normal dapat memicu berbagai penyakit serius seperti jantung dan stroke. Bagi penderita kolesterol, menu makan sehari-hari merupakan PR tersendiri agar kesehatannya tetap terjaga.

Makanan ‘enak’ seperti rendang, rawon, olahan seafood, telur, kue, fastfood, junkfood, dan biskuit sudah seharusnya dihindari bagi para penderita kolesterol. Karena makanan tersebut merupakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Lalu makanan apa yang seharusnya dikonsumsi bagi penderita kolesterol?

Seorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka ia harus menjaga pola hidup dan olahraga secara teratur.  Lakukan olahraga, menjaga berat badan, dan mengatur menu makan yang sehat. Berikut adalah beberapa makanan penderita kolesterol yang disarankan untuk dikonsumsi.

  1. Alpukat
    Buah yang satu ini mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Kedua jenis lemak ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, alpukat juga mengandung asam lemak omega 3 yang bersahabat dengan jantung. Bahkan, mengonsumsi alpukat juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah. makanan penderita kolesterol
    Anda bisa menambahkan alpukat ke dalam menu sehari-hari. Misalnya, ke dalam roti lapis untuk sarapan atau makan siang, atau kamu bisa menyantapnya langsung. Anda juga bisa menggunakan minyak alpukat untuk memasak, menggantikan minyak sayur yang biasa digunakan.
  2. Kacang-Kacangan
    Kacang almond, kenari, dan pistachio dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Sebab, ketiga jenis kacang ini tinggi kandungan asam lemak tak jenuh ganda. Makanlah kacang-kacangan ini sebagai camilan. Tapi hindari menggunakan garam terlalu banyak.
  3. Jamur
    Jamur dapat membantu mengurangi kadar lemak jahat (LDL) dan meningkatkan kadar lemak baik (HDL). Pada awalnya hanya jamur shiitake yang terbukti berperan dalam penurun kolesterol. Namun, kabar baiknya, semua jenis jamur juga bersifat sama. Jadi, kamu punya banyak pilihan dalam menyantap bahan makanan yang satu ini.
  4. Ikan
    Banyak ikan air tawar yang tinggi asam lemak omega-3, yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Ada banyak jenis ikan yang memiliki manfaat hampir sama. Perhatikan juga cara pengolahannya yang terbaik adalah ikan kukus dan panggang, hindari mengolah ikan dengan cara digoreng.
  5. Tahu
    Tahu bukanlah pilihan utama sebagai makanan untuk penderita kolesterol tinggi, namun ketika itu dimasak dengan benar, dapat menjadi pengganti yang baik untuk daging di banyak hidangan. Tahu yang memiliki struktur seperti spons, dapat menyerap rempah-rempah, bumbu-bumbu dan menambah kekayaan hidangan serta menciptakan rasa enak dalam setiap hidangan.
  6. Gandum
    Membiasakan sarapan dengan oat atau gandum bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah sebanyak 5,3 persen. Ubah pola makan Anda dengan membiasakan diri sarapan gandum yang mampu mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh.
  7. Jeruk Lemon
    Jeruk nipis mengandung flavonoid yang bernama hesperidin. Tidak hanya menurunkan kolesterol tinggi, jeruk nipis juga mampu menurunkan trigliserida Anda. Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis atau jeruk lemon adalah paling besar dibandingkan dengan buah lainnya. Senyawa ini mampu menghambat produksi kolesterol jahat (LDL) yang berlebihan.
  8. Jahe
    Jahe membantu menyingkirkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi rutin akar jahe selama satu bulan berperan dalam penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  9. Apel
    makanan penderita kolesterol

    Jurnal Eropa dalam suatu penelitian barunya menyatakan bahwa konsumsi setidaknya dua buah apel setiap hari dalam waktu satu bulan akan menurunkan adanya kolesterol jahat hingga 6 %. Bagi penderita jantung atau bagi anda yang ingin kolesterol turun, konsumsilah apel setiap hari  2 buah saja. Tapi tidak semua orang bisa mengkonsumsi buah ini sehingga alternatif lainnya yang bisa dipilih adalah dengan membuat jus apel. Jus apel  sangat efektif untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dengan cepat dan aman. Serat apel dalam jus apel tersebut mampu mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari tubuh anda.
  10. Bawang Putih

    Makanan yang juga disarankan dikonsumsi penderita kolesterol tinggi adalah bawang putih. Bumbu masak satu ini mampu menghentikan penyumbatan arteri akibat efek penumpukan makanan mengandung kolesterol. Selain itu, bawang putih juga berfungsi mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah serta menjaga tubuh dari infeksi.

Nah, itu adalah 10 makanan bagi penderita kolesterol yang bisa Anda konsumsi sebagai alternatif menu sehari-hari. Namun apabila Anda masih merasa kesulitan ataupun kerepotan dalam mendapatkan dan mengolah bahan-bahan tersebut, kini telah tersedia solusinya dengan minuman serbuk kesehatan tanpa gula dan bebas kolesterol.

makanan penderita kolesterol

Ofir, merupakan minuman kesehatan yang diformulasi dari bahan-bahan alami dan rendah kolesterol. Jeruk nipis, apel, jahe, bawang putih, dan madu merupakan komponen utama dalam minuman segar ini. Bahan-bahan yang ‘cholesterol friendly’ ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita kolesterol. Kini, tidak perlu khawatir mengkonsumsi makanan enak selama tersedia ofir sebagai minuman Anda. Takut Kolesterol? Ofir-in Aja!

makanan penderita kolesterol