Perut Kembung Pada Anak?

vitamin anak
Cute little girl suffering from stomach ache, isolated on white

Bunda, perut kembung yang menjadi permasalahan pencernaan ternyata bisa dipicu juga loh oleh asupan yang dikonsumsi, jadi bunda harus memberikan asupan bukan hanya dapat memperkuat daya tahan tubuhnya dari dalam, tapi juga baik untuk pencernaannya seperti mengkonsumsi buah dan sayuran. Untuk mencegah anak perutnya kembung, ayo simak penyebab dan cara penanganannya berikut ini.

  • Makan Sambil Bermain

Michael Hart merupakan seorang professor pediatric di Virginia Tech Carilion School of Medicine mengatakan bahwa makan sambil bermain bisa menyebabkan perut anak menjadi kembung. Karena, tubuh yang terlalu aktif saat sedang makan dapat memicu udara masuk lebih banyak ke saluran usus terutama. Maka dari itu sebisa mungkin Bunda tidak membiarkan anak makan sambil bermain atau melakukan aktivitas lain saat sedang makan.

  • Terlalu Banyak Mengosumsi Asupan Serat Dan Lemak

Terkadang anak membutuhkan makanan yang mengandung serat dan lemak untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bagi tubuhnya. Tapi jika asupan seratdan lemak terlalu banyak malah akan membuat perut anak kembung seperti sereal, brokoli atau makanan di goreng.

  • Mengonsumsi Jenis Sayuran Tertentu Berlebihan

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang pada anak, asupan sayuran juga penting untuk dikonsumsi secara rutin. Tapi terdapat berbagai jenis sayuran seperti kol dan kacang-kacangan dapat memproduksi gas dalam perut berlebih loh, walaupun begitu tidak ada larangan bagi anak untuk tidak memakannya. Namun sebisa mungkin jangan berlebihan.

  • Minum Jus Berlebihan

Terdapat berbagai cara untuk memberikan asupan buah pada anak salah satunya bisa dengan mulai menyajikannya menjadi finger food, kemudian diolah menjadi jus yang menyegarkan. Wa;aupun sehat, jangan sampai bunda memberikannya lebih dari satu gelas sehari. Karena hal tersebut hanya dapat menyebabkan perut kembung tapi dapat menyebabkan diare pada anak.

  • Kurang Minum Air Putih

Nah yang terakhir yang dapat menyebabkan perut kembung pada anak yaitu kurangnya asupan air putih. Sejatinya air putih memang tidak langsing bisa menghilangkan gas di perut, tapi hal tersebut dapat mampu mengatasi permasalahan yang terjadi saat perut anak kembung. Untuk itu pastikan anak selalu minum air putih dan jangan sampai terlewatkan setiap harinya.

Itulah berbagai faktor yang dapat menimbulkan gas hingga membuat perut anak kembung. Untuk menanganinya Bunda bisa melakukan berbagai tindakan, bisa dengan memberi makan pada anak secukupnya, memijat perutnya dengan lembut menggunakan handuk yang hangat. Jika keadaan tidak juga membaik, segera mungkin membawa anak ke dokter agar cepat ditangani.