TIPS MEMILIH WADAH BEKAL ANAK SEKOLAH

vitamin anak

Rasanya senang ketiaka anak ingin dibikinkan makanan dari kita untuk dijadikan bekal makanannya di sekolah. Tapi apakah kita sudah memperhatikan kesehatan dari bekal yang kita berikan?

Soal wadah bekal makanan anak, terkesan sepele, tapi hal tersebut sangat berperan penting untuk kesehatan sang anak. Terkadang disaat memilih wadah bekal makan anak, kita selalu mempertimbangkan harga atau hanya mementingkan kelucuan dari wadah yang akan kita beli tanpa tahu wadah terbuat dari bahan yang aman atau tidak.

Berikut tips memilih wadah bekal untuk anak bagi bunda.

  • Perhatikan Prinsip Wadah

Menurut dr Lily S Sulistyowati MM, Direktur P2PTM Kemenkes RI, dalam penyajian makanan ada yang dinamakan prinsip wadah. Yang berarti setiap jenis makanan mendapatkan tempat yang berbeda-beda atau terpisah dan tertutup.

Selain itu penempatan makanan yang banyak mengandung kadar air baru bisa dicampurkan saat akan dimakan yang bertujuan untuk mencegah makanan untuk tidak cepat rusak. Jadi kalau bisa pilih wadah yang tidak bisa tumpah ya bunda.

  • Pilih Wadah yang Tahan Panas

Saat menyajikan makanan pastinya disaat bekal masih panas, nah dalam memilih wadah sebaiknya harap memperhatikan symbol yang tertera. Seperti contoh aman utnuk dipanaskan dalam microwave atau tahan panas dengan suhu sekian derajat celcius. Hal ini untuk menghindari makanan terkena zat berbahaya dari wadah yang tidak tahan panas.

  • Pilih Wadah yang BFA Free

BPA adalah Bisphenol A. BPA adalah bahan kimia industry yang telah digunakan untuk membuat plastikdan resinsejak tahun1960-an. BPA ditemukan dalam plastic polikarbonat dan resin epoksi. Plasitik polikarbonat biasanya digunakan dalam wadah yang dapat menyimpan makanan dan minuman seperti botol air.

Beberapa penelitian sudah membuktikan BPA bisa masuk kedalam makanan dan minuman melalui wadah yang terbuat dari BPA. Paparan BPA menjadi perhatian karena berimbas kepada otak, perilaku dan kalenjar prostat janin, bayi dan anak-anak. Penelitian lain juga menambahkan bahwa BPA ada hubungannya dengan kenaikan tekanan darah. Nah bunda dari sekarang pilih wadah yang terbebas dari BPA ya.

  • Pilih yang Mudah Dibersihkan

Pilih wadah yang mudah dicuci, karena terdapat beberapa wadah yang sulit untuk di cuci loh. nah terlebih lagi Setiap peralatan makanan pada anak usahakan selalu dalam keadaan yang bersih. Yang berarti dicuci dengan cara higienis. Apabila tidak bersih maka dapat kemungkinan menjadi wadah bertumbuhnya bakteri yang dapat merugikan anak.

Biasakan ketika anak usai pulang sekolah untuk mengatakan wadah yang habis dipakai langsung dikeluarkan dari dalam tas untuk dicuci, agar sisa makanan yang menempel padawadah dapat langsung dibersihkan agar tidak adanya kuman atau bakteri jahat yang menempel pada wadah makanan apabila sisa makanan tersebut tidak langsung dicuci atau dibiarkan untuk waktu yang cukup lama sehingga wadah bekal anak berjamur.